HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN PETUGAS LABORATORIUM KESEHATAN TERHADAP MUTU INTERNAL PELAYANAN LABORATORIUM KESEHATAN DAERAH (LABKESDA) PROVINSI SULAWESI TENGGARA
DOI:
https://doi.org/10.54883/Keywords:
Kepatuhan petugas, mutu pelayanan, LABKESDAAbstract
Laboratorium merupakan salah satu penentu diagnosa penyakit. Spesimen yang akan di periksa di Laboratorium tidak hanya rujukan atau permintaan dokter tetapi juga langsung dari masyarakat. Sehingga dengan begitu perlunya peningkatan mutu pelayanan sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan memuaskan pemakai jasa pelayanan. Laboratorium memerlukan suatu pedoman yaitu Standar Operasional Prosedur, untuk mematuhi suatu SOP maka di butuhkan kepatuhan petugas laboratorium dalam menerapkan SOP pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan tingkat kepatuhan petugas laboratorium kesehatan terhadap mutu internal pelayanan Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian analitik korelasi. Populasi pada penelitian adalah seluruh pegawai Labkesda Provinsi Sulawesi Tenggara sebanyak 33 orang, Teknik penarikan sampel dengan rumus slovin sehingga diperoleh 30 responden. Analisis data menggunakan Uji Korelasi Rank Sperman.
Hasil yang diperoleh terhadap mutu pelayanan laboratorium kategori sangat baik 15 orang dengan frekuensi 50%, baik 15 orang dengan frekuensi 50%, begitu pun pada kepatuhan pegawai diperoleh hasil kategori sangat baik 15 orang dengan frekuensi 50%, baik 15 orang dengan frekuensi 50%. Berdasarkan ahsil uji statistik korelasi rank spearman nilai sign. 0,000 < 0,05. Nilai tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas mutu pelayan dan kepatuhan pegawai di LABKESDA Provinsi Sulawesi Tenggara.
Berdasarkan penelitian yang telah yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas mutu pelayan dan kepatuhan pegawai di LABKESDA Provinsi Sulawesi Tenggara. Saran penelitian untuk terus meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan kepada pasien sehingga rasa aman dan nyaman dapat terpenuhi.