HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS BIMA MAROA KABUPATEN KONAWE SELATAN

Authors

  • Noviati Universitas Mandala Waluya
  • Fransiska Tatto Dua Lembang Universitas Mandala Waluya
  • Risniani Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883.5.2.9

Keywords:

Indeks kepuasan masyarakat, bukti fisik, daya tanggap kehandalan, jaminan, empati, Puskesmas Bima Maroa

Abstract

Puskesmas sebagai unit pelaksana Dinas Kesehatan merupakan penanggung jawab penyelenggara upaya kesehatan untuk jenjang pertama di wilayah kerjanya masing-masing dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, Maka untuk mencapai keberhasilan tersebut diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang, dan terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan indeks kepuasan masyarakat di Puskesmas Bima Maroa Kabupaten Konawe Selatan.

            Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study, populasi adalah semua pasien yang berkunjung di Puskesmas Bima Maroa Kabupaten Konawe Selatan periode bulan Januari sampai bulan Mei tahun 2018 yaitu sebanyak 5504 dengan jumlah sampel 98 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, Metode analisis menggunakan Uji Chi Square dan uji Phi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan lemah antara bukti fisik (tangibles) dengan indeks kepuasan masyarakat (X2hit = 8,118 > X2tabel = 3,841), ada hubungan sedang antara daya tanggap (responsive) dengan indeks kepuasan masyarakat (X2hit = 12,947 > X2tabel = 3,841), ada hubungan sedang antara kehandalan (reliability) dengan indeks kepuasan masyarakat (X2hit = 12,947 > X2tabel = 3,841), ada hubungan sedang antara jaminan (Assurance) dengan indeks kepuasan masyarakat (X2hit = 21.667 > X2tabel = 3,841), dan ada hubungan sedang antara empati (Emphaty) dengan indeks kepuasan masyarakat (X2hit = 11.796 > X2tabel = 3,841)

Diharapkan kepada kepada perawat agar lebih meningkatkan mutu pelayanan sehingga masyarakat merasa nyaman setiap datang berkunjung ke Puskesmas

Downloads

Published

2021-12-30