Pengaruh Pelatihan Pembuatan Ecobrick Melalui Media Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Dalam Pemanfaatan Sampah Plastik Di SD Negeri 63 Kendari

Authors

  • Rani Syahra Rastika Program Studi D3 Sanitasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Mandala Waluya
  • Bromo Kusumo Achmad Program Studi D3 Sanitasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Mandala Waluya
  • Achmad Kadarman Program Studi D3 Sanitasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Mandala Waluya

Keywords:

Ecobrick, Media Booklet, Pengetahuan Siswa, Keterampilan Siswa

Abstract

Masalah sampah di dunia masih sangat serius dan membutuhkan perhatian, diperkirakan penduduk dunia menggunakan antara 500 juta hingga 1 miliar kantong plastik dalam satu menit. Penggunaan ecobrick dalam pendidikan merupakan sarana pembelajaran untuk merangsang perkembangan motoric halus, keterampilan social-emosional, kreativitas dan berpikir pada anak-anak. Booklet merupakan salah satu media cetak untuk menyampaikan informasi materi berupa rangkuman dan gambar yang menarik, yang dapat digunakan sebagai alat bantu pemahaman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan pembuatan ecobrick melalui media brosur dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menangani sampah plastik.

Penelitian ini merupakan penelitian seni pra-eksperimen dengan desain pretest-posttest one group. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 39 individu dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan EcoBrick berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data sebelum dan sesudah pengujian menggunakan uji wilcoxon, dimana sig < 0,05 dan dapat dikatakan Ho adalah ditolak.

Pelatihan ecobrick ini dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa tentang pentingnya mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang dapat digunakan kembali

Downloads

Published

2022-06-30