Hubungan Kebiasaan dan Sarana Prasarana dengan Pengolahan Sampah Di Wilayah Kelurahan Wamponiki Kecamatan Katobu Kabupaten Muna

Authors

  • Suci Cahyah Labora Program Studi D3 Sanitasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Mandala Waluya
  • La Ode Tasrun Program Studi D3 Sanitasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Mandala Waluya
  • Marsidin L Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya

Keywords:

Pengolahan Sampah, Kebiasaan, Tempat sampah rumah tangga, Tempat Penampungan sementara, Sarana Pengangkutan

Abstract

Kelurahan wamponiki dengan jumlah penduduk 1.228 jiwa. Kelurahan wamponiki terbagi menjadi 3 RT dan setiap rumah  pada  RT 1 rata-rata menghasilkan sampah kurang lebih sekitar 1,72 kg/rumah, pada RT 2 rata-rata menghasilakan sampah kurang lebih sekitar 1,43 kg/rumah dan pada RT 3 rata-rata menghasilkan sampah kurang lebih sekitar 1,94 kg/rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan dan sarana prasarana dengan pengolahan sampah di Wilayah Kelurahan Wamponiki Kecamatan Katobu Kabupaten Muna.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 86 dengan teknik pengambilan sampel yaitu Proporsional Random Sampling.

Hasil Penelitian ini menunjukan uji Chi-Square menunjukan ada hubungan lemah antara kebiasaan dengan pengolahan sampah dengan hasil nilai phi =0,233. Ada hubungan lemah antara tempat sampah rumah tangga dengan pengolahan sampah dengan hasil nilai phi=0,220. Ada hubungan sedang antara tempat penampungan sementara dengan pengolahan sampah dengan nilai phi=0,268. Ada hubungan sedang antara sarana pengangkutan dengan pengolahan sampah dengan nilai phi=0,268.

Diharapkan kepada masyarakat di Kelurahan Wamponiki agar lebih memperhatikan lingkungan sekitar dengan mengetahui cara pengolahan sampah yang baik serta meningkatkan tindakan masyarakat agar melakukan pengolahan sampah yang berbasis masyarakat.

Downloads

Published

2022-06-30