Analisis Kualitas Air Minum Pada Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) Di Wilayah Industri Pertambangan Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe

Authors

  • Asri Afrilia Program Studi D3 Sanitasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Mandala Waluya
  • Abdul Rahim Sya’ban Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya
  • Asbath Said Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya

Keywords:

Depot Air Minum Isi Ulang, Parameter Fisik, Parameter Kimia, Parameter Mikrobiologi

Abstract

Berdasarkan data profil Dinas Kesehatan Konawe Tahun  2020, menyebutkan bahwa persentase Sarana Air Minum di Inspeksi Kesehatan Lingkungan untuk Kecamatan Morosi sebesar 8,41%. Hal ini kebutuhan Sarana Air Minum  masyarakat di wilayah industri pertambangan tersebut belum terpenuhi. Sebabnya masyarakat mencari berbagai alternatif untuk mendapatkan air minum salah satunya dengan mengkonsumsi air minum isi ulang yang diperoleh dari depot air minum. 

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kualitas air minum pada depot air minum isi ulang melalui pemeriksaan sampel secara langsung dan di laboratorium.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas parameter fisik bau menunjukkan depot yang memenuhi syarat 9 (100%), parameter fisik rasa menunjukkan depot yang memenuhi syarat 9 (100%) dan parameter fisik TDS menunjukkan depot yang memenuhi syarat 9  (100%). Kualitas parameter kimia pH menunjukkan depot yang memenuhi syarat 5 (55,6%) dan tidak memenuhi syarat 4 (44,4%) dan parameter kimia salinitas menunjukkan depot yang memenuhi syarat 9 (100%). Kualitas parameter mikrobiologi total coliform menunjukkan depot yang memenuhi syarat 9 (100%) dan parameter mikrobiologi total E.coli menunjukkan depot yang memenuhi syarat 9 (100%).

Diharapkan kepada pemilik depot air minum untuk lebih memperhatikan higiene dan sanitasi selama proses produksi karena akan berdampak signifikan terhadap kualitas air minum, contohnya bersihkan secara rutin minimal sebulan sekali dan selalu ganti elemen filter minimal setahun sekali.

Downloads

Published

2022-06-30