Edukasi Kesehatan Tugas Perkembangan Usia Remaja Di SMP Negeri 2 Bondoala Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe
DOI:
https://doi.org/10.54883/Keywords:
Edukasi kesehatan, pengetahuan, tugas perkembangan usia remajaAbstract
Remaja adalah aset bangsa yang nantinya akan melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa Indonesia. Masa remaja disebut sebagai masa yang penuh dengan konflik, dimana pada masa tersebut mudah terjadi konflik akibat perubahan pertumbuhan dan perkembangan serta tuntutan adaptasi dari usia remaja. Tugas perkembangan usia remaja disebut sebagai tahap identitas diri. Remaja yang berhasil mencapai tugas perkembangan akan memperoleh pencapaian identitas diri, sebaliknya apabila remaja mengalami kegagalan dalam mencapai tugas perkembangannya maka akan terjadi kebingungan peran yang berdampak pada perubahan perilaku yang menyimpang, seperti melakukan kegiatan kriminal, memobolos, tawuran yang dapat dipandang sebagai bentuk kenakalan remaja oleh masyarakat. Sekolah sebagai wahana pendidikan formal melalui kegiatan UKS dapat mengaplikasikan berbagai metode untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait optimalisasi pencapaian tugas perkembangan usia remaja di sekolah salah satunya dengan memberikan edukasi kesehatan tentang tugas perkembangan usia remaja melalui pedekatan CMHN pilar yang ke-4 yakni manajemen kasus. Kegiatan pengabdian dilakukan di SMP Negeri 2 Bondoala kecamatan Morosi Kabupaten Konawe dengan jumlah peserta sebanyak 48 siswa yang berusia 12-18 tahun. Alat ukur berupa kuesioner 10 pertanyaan yang menggambarkan pengetahuan tentang tugas perkembangan usia remaja. Data di analisis dengan menggunakan uji Paired T-Test. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan tentang tugas perkembangan usia remaja setelah diberikan Edukasi pada siswa/i SMP Negeri 2 Bondoala. Diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan melalui monitoring dan evaluasi oleh penanggung jawab UKS bekerjasama dengan lintas sektor dalam hal ini Penanggung jawab UKS Puskesmas Sampara terkait optimalisasi pencapaian tugas perkembangan usia remaja.