Health Edukasi dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Untuk Pencegahan Dini Penyakit Diabetes Melitus di Bungkutoko

Authors

  • Nazaruddin Nazar Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya
  • Wa Ode Nova Noviyanti R Prodi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya
  • Cece Indriani Prodi Keperawatan dan Ners Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya
  • Hasnia Dina Prodi Keperawatan dan Ners Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883/jpmba.v3i1.743

Keywords:

Health edukasi, pengetahuan, diabetes mellitus

Abstract

Diabetes Melitus merupakan salah satu penyakit kronis yang dapat menyebabkan komplikasi pada berbagai sistem tubuh. Diabetes Melitus dapat menyebabkan komplikasi pada berbagai sistem tubuh, baik komplikasi akut maupun kronik.DM dikenal dengan sebutan lifelong disease dikarenakan penyakit ini tidak dapat disembuhkan selama rentang hidup penderitanya. Namun, risiko terjadinya komplikasi yang dapat meningkatkan risiko kematian dapat dikurangi jika penderita diabetes lebih peduli untuk menjaga atau mengontrol kondisinya.

Kadar gula darah yang tinggi (hiperglikemi) merupakan pintu gerbang bagi berbagai komplikasi yang muncul pada penderita diabetes. Tiga macam penyakit komplikasi yang khas yang terjadi pada diabetes melitus yaitu retinopati, neuropati, dan nepropati. Salah satu usaha pencegahan yang terbaik terhadap kemungkinan berkembangnya komplikasi dalam jangka panjang yaitu dengan mengusahakan kadar gula darah sedekat mungkin dengan normal. Berdasarkan hal tersebut sehingga kami selaku tim PKM berinisiatif untuk memberikan pendidikan kesehatan untuk upaya peningkatan pengetahuan  masyarakat untuk pencegahan dini penyakit diabetes melitus di kelurahan bungkutoko.

Target yang diharapkan pada kegiatan PKM ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat, sehingga dapat memberikan pengetahuani kepada masyarakat dalam upaya pencegahan dini penyakit diabetes mellitus.

Downloads

Published

2024-06-30