Pelatihan implementasi modul ajar profil pancasila untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa

Authors

  • Ali Usman Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Wahyu Eko Widianto Prodi Pendidikan Olahraga Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Insan Wijya Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember
  • Luky Prasetyo Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Subhanallah Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.54883/jpmba.v1i2.678

Keywords:

Keterampilan berpikir kreatif, Modul ajar, Profil pancasila

Abstract

Rendahnya kualitas proses pembelajaran salah satunya disebabkan oleh tidak diterapkannya modul ajar dengan baik dan kurangnya perhatian terhadap pemberdayaan kemampuan berpikir siswa. Lokasi pengabdian yaitu di SMAN Arjasa, Jember. Tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan kompetensi guru terkait modul ajar pancasila dan keterampilan metakognitif. Metode yang digunakan yaitu terdiri atas tiga tahap yaitu; 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) penyelesaian. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu didapatkan peningkatan pemahaman guru terkait modul ajar dan keterampilan berpikir kreatif yang dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan unjuk kerja. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu peningkatan kompetensi guru salah satunya disebabkan guru telah mempunyai pengetahuan awal terkait perangkat dalam proses pembelajaran dan kemampuan berpikir siswa sehingga dalam proses pelatihan berjalan dengan efektif.

Downloads

Published

2022-12-30