Hubungan Pengetahuan Keluarga Tentang Diet Hipertensi dan Kecemasan Lansia Dengan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Posyandu Bahomotefe Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali

Authors

  • Mimi Yati Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya
  • Dewi Sari Pratiwi Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya
  • Armayani Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883/jikmw.v3i2.653

Keywords:

Lansia, Pengetahuan keluarga, Kecemasan, tekanan darah

Abstract

Hasil wawancara dengan 10 keluarga lansia yang menderita hipertensi menemukan bahwa pengetahuan keluarga tentang diet hipertensi termasuk dalam kategori miskin, hal ini dapat dilihat bahwa keluarga masih belum dapat mengurangi penggunaan garam dalam makanan yang mereka konsumsi, dan kebiasaan makan mereka masih belum teratur, lansia masih menyukai dan memiliki kebiasaan makan yang masih belum teratur,  Para lansia masih suka dan memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan asin. Delapan lansia mengatakan mereka memiliki beban mental (kecemasan) akibat tekanan darah yang terus meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan keluarga tentang diet hipertensi dan kecemasan pada lansia terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi di Puskesmas Terpadu Bahmotefe, Kecamatan Bungku Timur, Kabupaten Morowali.

Penelitian ini menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah total partisipan lansia yang mengunjungi posyandu usia 55-70 tahun ke atas di Bahomotefe Integrated Healthcare Center, Kecamatan Bungku Timur, Kabupaten Morowali dengan 165 kasus dengan sampel 54 responden.

Berdasarkan hasil uji statistik, diketahui bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pengetahuan keluarga dengan tekanan darah dengan nilai X² yang dihitung = 31,704 , terdapat hubungan yang kuat antara kecemasan lansia dengan tekanan darah dengan nilai X² yang dihitung = 12,777.

Diharapkan pusat publik health akan selalu berusaha untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien hypertension dan keluarga mereka mengenai manajemen hipertensi.

Downloads

Published

2023-12-31