Pengaruh Rebusan Daun Salam (Syzygiumpolyanthum) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Penderita Hipertensi Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Pajala Kabupaten Muna Barat

Authors

  • La Ode Ardiansyah Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya
  • Nawawi Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883/jikmw.v3i2.651

Keywords:

Daun salam, Tekanan darah, Hipertensi, Lansia

Abstract

Daun salam (syzygiumpolyanthum) merupakan tanaman daun salam mampu mengatasi berbagai macam penyakit salah satunya yaitu penyakit hipertensi dimana kandungan minyak asiri (sitrat, euganol), tamin dan flavoida dalam daun salam (syzygiumpolyanthum) mempunyai fungsi untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Dinas Kesehatan Muna Barat tahun 2019 menyebutkan hipertensi menepati urutan ke empat dari 10 penyakit terbanyak di Muna Barat dengan jumlah 1.640 orang Puskesmas Pajala penderita hipertensi memiliki jumlah sebanyak 151. Tujuan penelitain ini adalah untuk mengetahui pengaruh rebusan daun salam (syzygiumpolyanthum) terhadap penurunan tekanan darah penderita hipertensi pada lansia di Puskesmas Pajala Kabupaten Muna Barat.

Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian pra eksperimen yaitu rancangan percobaan dengan melakukan penelitian dengan terapi herbal pemberian air rebusan daun salam pada penderita hipertensi. Penelitian ini menggunakan rancangan one grup pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penderita hipertensi pada lansia yang berada di wilayah kerja Puskesmas Pajala dengan jumlah penderita sebanyak 151 orang. Teknik pengambilan sampel pada peneliti ini menggunakan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwaPerbandingan tekanan darah pada responden sebelum dan sesudah pemberian air rebusan daun salam dengan menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai P-value = 0,00 (<0.05). Berdasarkan hasil penelitain menunjukkan tekanan darah pada responden sebelum diberikan air rebusan daun salam yaitu rata-rata bernilai 164/88 dengan standar deviasi 98.016. Sedangkan tekanan darah pada responden sesudah diberikan air rebusan daun salam yaitu rata-rata bernilai 151/80 dengan standar deviasi 6.624.

Downloads

Published

2023-12-31