Hubungan Status Gizi dan Pengetahuan Ibu dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernapasan Akut pada Balita Diwilayah Kerja Puskesmas Perumnas Kota Kendari

Authors

  • Dewi Sari Pratiwi Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya
  • Ratna Umi Nurlila Program Studi Farmasi Fakultas Sains dan teknologi Universitas Mandala Waluya
  • Armayani Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya
  • Fitri Handayani Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883/jikmw.v2i2.647

Keywords:

Kejadian ISPA, Status gizi, Pengetahuan ibu, Puskesmas Perumnas, Kota Kendari

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di  Puskesmas Perumnas didapatkan ibu yang memiliki balita tidak mengetahui tentang ISPA, apa gejala ISPA, faktor yang dapat menyebabkan ISPA. Selain itu status gizi anak ibu tersebut kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan pengetahuan ibu dengan kejadian ISPA di Wilayah Kerja Puskesmas Perumnas Kota Kendari.

      Jenis penelitian ini adalah cross sectional. Jumlah populasi sebanyak 110 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 52 orang ibu-ibu yang mempunyai anak usia 12-59 bulan dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Data dianalisis menggunakan uji fisher’s exact untuk melihat hubungan dan koefisien phi untuk melihat besar hubungan antar variabel.

      Hasil penelitian status gizi didapatkan nilai p = 0,023, nilai= 0,347 dan pengetahuan didapatkan nilai p = 0,331. Hal ini menunjukkan ada hubungan sedang status gizi dan tidak ada hubungan pengetahuan dengan kejadian ISPA di Wilayah Kerja Puskesmas Perumnas Kota Kendari.

      Diharapkan kepada pihak Puskesmas Perumnas agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan terutama tentang hubungan status gizi dengan kejadian ISPA.

Downloads

Published

2022-12-31