Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Wilayah Kerja Puskesmas Tongkuno Kabupaten Muna

Authors

  • Sri Mulyani Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya
  • Fitriani Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883/jikmw.v2i2.644

Keywords:

Kehandalan, ketanggapan, Loyalitas pasien rawat inap, Puskesmas Tongkuno

Abstract

Puskesmas Tongkuno memiliki kualitas pelayanan dan fasilitas yang masih sangat terbatas. kondisi seperti inilah yang biasanya mengakibatkan timbulnya keluhan yang sering terdengar dari pihak pemakai layanan kesehatan berupa rendahnya loyalitas atas pelayanan kesehatan yang diberikan. Berdasarkan laporan tiga bulan terakhir tentang kunjungan pasien rawat inap, bulan januari jumlah kunjungan sebanyak 137, bulan Februari 105 kunjungan dan bulan Maret turun drastis hingga 78 kunjungan.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study untuk mengukur variabell dependen (mutu Pelayanan dan fasilitas puskesmas) dan variabel independen (kehandalan, ketanggapan, perhatian dan fasilitas) yang diteliti secara bersamaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 95 responden. Data diolah menggunakan program SPSS, selanjutnya dideskripsikan menurut kriteria obyektif. Analisis data untuk mengetahuii hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat digunakan uji chi square pada tingkat kepercayaan 95%.      

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan sedang antara kehandalan dan ketanggapan dengan loyalitas pasien rawat inap di wilayah kerja Puskesmas Tongkuno Kabupaten Muna.

Bagi pihak Puskesmas agar membuat kebijakan pelayanan kesehatan melalui penyediaan sarana dan prasarana kesehatan serta melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait yang membuat kebijakan dan disarankan pula kepada Petugas Kesehatan agar meningkatkan sikap profesionalime dalam melakukan pelayanan.

Downloads

Published

2022-12-31