Pengaruh Pemberian Rebusan Daun Salam terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Lasalimu Selatan

Authors

  • La Djabo Buton Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya
  • Alan Agusman Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883/jikmw.v2i2.643

Keywords:

Penurunan, tekanan darah, hipertensi, daun salam

Abstract

Puskesmas Lasalimu Selatan termasuk puskesmas dengan prevalensi hipertensi tiga  tahun  terakhir  berada  di  urutan  ke  tiga  di  Kabupaten  Buton.  Tahun  2018 sebanyak 499 kasus, tahun 2019 sebanyak 4.775 kasus, tahun 2020 sebanyak 788 kasus. Pengobatan non farmakologis rebusan daun salam pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Lasalimu Selatan belum dikembangkan. Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui pengaruh  rebusan  daun  salam  terhadap  penurunan  tekanan darah pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja Lasalimu Selatan.

Jenis penelitian ini pre eksperimen dengan rancangan one group pretest posttest.Jumlah populasi dalam penelitian ini 35 orang penderita hipertensi. Teknik pengambilan sampel stratified random sampling, dengan jumlah sampel 26 orang. Pengambilan data dilakukan tanggal 03  Juni sampai 15  Juli 2022.  Uji pengaruh pengaruh rebusan daun salam terhadap penurunan tekanan darah sistolik maupun diastolik pada penderita hipertensi menggunakan  uji wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan nilai p tekanan darah pada penderita hipertensi baiksistolik maupun diastolik adalah 0,00 (p < 0,05). Kesimpulan penelitan ini adalah ada pengaruh rebusan daun salam terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Lasalimu Selatan.

Diharapkan kepada penderita hipertensi agar dapat mengkonsumsi rebusan daunsalam apabila tekanan darahnya meningkat.

Downloads

Published

2022-12-31