Identifikasi Soil Transmitted Helminth Pada Petani Padi Sawah dengan menggunakan metode Flotasi Sentrifugasi di Desa Jatibali Kecamatan Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan

Authors

  • Rosdarni Program Studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Mandala Waluya
  • Satrino Yusin Barani Program Studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Sains dan teknologi Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883/jikmw.v2i1.636

Keywords:

STH, petani padi, parasit

Abstract

Soil Transmitted Helminths yaitu nematoda usus yang dalam siklus hidupnya membutuhkan tanah untuk proses pematangan sehingga terjadi perubahan dari stadium non-infektif menjadi stadium infektif. Beberapa jenis nematode usus yaitu Ascaris lumbricoides, Trichuris trichiura, dan cacing tambang (Ancilostoma duodenale dan Necator americanus).  Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi Soil transmitted helminths (STH) pada Petani Padi Sawah di Desa Jati Bali Kecamatan Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan dengan menggunakan metode Flotasi Sentrifugasi.

Jenis penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif melalui uji laboratorium. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling.

Hasil penelitian terdapat 20 sampel positif dari 30 sampel yang diteliti yang terdiri dari Ascaris lumbrocoides sebanyak 11 orang (37%), Trichuris trichiurasebanyak 3 orang (10%), dan hookworm sebanyak 6 orang (20%), dan orang yang tidak terinfeksi soil transmitted helminth sebanyak 10 orang (33%).  Diharapkan kepada Petani padi sawah khususnya di Desa Jatibali Kecamatan Ranomeeto untuk tetap meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan, agar paparan STH tidak semakin tinggi yang akan dapat berdampak pada kesehatan lanjutan.

Downloads

Published

2022-06-30