Hubungan Pengetahuan K3 dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada pekerja proyek Pembangunan gedung X Kota Kendari

Authors

  • Noviati Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya
  • Laode Muhamad Yasmin Program Studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883/jikmw.v1i1.632

Keywords:

K3, Penggunaan APD, Pengetahuan, Proyek Gedung

Abstract

Proyek pembangunan gedung X masih banyak pekerjaan struktur, MEP, arsitektur antara lain adalah pembuatan pondasi, kolong, tiang pancang, kerangka, tangga, pemasangan pipa pembuangan limbah, pemasangan bata ringan, dan lain sebagainya, semua itu memiliki standar operasional prosedur, seperti bekerja dengan kondisi yang safety. Potensi bahaya yang teridentifikasi pada pekerjaan adalah seperti pekerja terjatuh dari kerangka atas tulangan, tertusuk besi/kawat/paku, tersandung kerangka besi, terkena serpihan kayu, terpeleset. Potensi bahaya tersebut bisa terjadi karena saat para pekerja berperilaku tidak aman, misalnya dengan tidak memakai alat pelindung diri atau tidak disiplin dalam melakukan pekerjaan. Berdasarkan keadaan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan K3 dengan kepatuhan penggunaan APD pada pekerja proyek pembangunan Gedung X Kota Kendari.

Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dan berdasarkan waktunya menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 154 responden dengan jumlah sampel 61 responden yang diambil berdasarkan teknik probability sampling.

Hasil penelitian diperoleh ada hubungan sedang antara pengetahuan responden tentang K3 dengan kepatuhan penggunaan APD bagi pekerja proyek pembangunan gedung X Kota Kendari (X2 Hitung = 4,620 dan nilai phi (φ) = 0,265).

Diharapkan bagi Perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan pekerja dengan mengoptimalkan informasi K3 yang dapat diupayakan dengan sosialisasi poster atau buletin terkait risiko K3 dan cara pengendaliannya.

Downloads

Published

2021-12-30