Hubungan Mutu Pelayanan KIA dengan Metode Fuzzy Serviqual di Puskesmas Nambo

Authors

  • Rizky Indah Mentari Yago Universitas Mandala Waluya
  • Moh. Guntur Nangi Universitas Mandala Waluya
  • Firmansyah Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883/jhmw.v2i1.77

Keywords:

Fuzzi serviqual, dimensi mutu

Abstract

Metode fuzzy digunakan untuk membantu responden memberi nilai yang lebih obyektif, data kunjungan pelayanan poli KIA Puskesmas Nambo tahun 2019 sebanyak 1.104 orang, tahun 2020 sebanyak 1086 orang dan tahun 2021 sebanyak 578 orang. Tujuan kajian untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dengan Metode Fuzzy Servqual Di Puskesmas Nambo Kota Kendari. Jenis penelitian analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi penelitian ini 115 orang. Sampel penelitian sebanyak 54 orang menggunakan teknik Accidental Sampling. Hasil penelitian menunjukkan variabel bukti fisik memperoleh nilai X2hitung = 29,515 > X2tabel = 3,841, menurut kehandalan nilai X2hitung = 17,215 > X2tabel = 3,841, menurut daya tanggap  nilai X2hitung = 17,215 > X2tabel = 3,841, menurut perhatian nilai X2hitung = 21,668 > X2tabel = 3,841 dan menurut jaminan  nilai X2hitung = 23,868 > X2tabel = 3,841, sehingga dapat disimpulkan bahwa kelima variabel dimensi mutu memiliki hubungan dengan persepsi kualitas pelayanan KIA di Puskesmas Nambo Kecamatan Nambo Kota Kendari dengan nilai phi = 0,666. Diharapkan agar puskesmas lebih memperhatikan lagi petugas maupun yang berhubungan dengan sarana prasarana dalam melakukan pelayanan sehingga dapat ditingkatkan lagi.

Downloads

Published

2023-04-30