Hubungan Kualitas Pelayanan dan Pendapatan Keluarga dengan Loyalitas Pasien di Wilayah Kerja Puskesmas Mokoau Kota Kendari

Authors

  • Serti Parante Universitas Mandala Waluya, Kendari, Indonesia
  • La Ode Ali Hanafi Universitas Mandala Waluya, Kendari, Indonesia
  • Yusuf Useng Universitas Mandala Waluya, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54883/jhmw.v1i1.6

Keywords:

Loyalitas pasien, kualitas pelayanan, pendapatan keluarga

Abstract

Cakupan kunjungan ibu hamil K4 di Puskesmas mokoau (2019) sebesar 86,7% sementara target SPM 90%, cakupan kunjungan bayi (74,4% dengan SPM 90%), cakupan penemuan penderita TB (71,9% dengan SPM 88%), cakupan bayi yang mendapat ASI eksklusif (62,5%). Hal ini mengindikasikan bahwa kinerja di Puskesmas Mokoau Kota Kendari belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan pendapatan keluarga dengan loyalitas pasien. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian adalah 6.078 KK dan sampel sebanyak 98 orang yang diperoleh dengan teknik proportional stratified random sampling. Analisis data menggunakan Uji Chi Square dan uji Phi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan kuat antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien di Puskesmas Mokoau Kota Kendari (X2 hitung = 34,401 > X2 tabel = 3,841, phi = 0,612) dan ada hubungan sedang antara pendapatan keluarga dengan loyalitas pasien di Puskesmas Mokoau Kota kendari (X2 hitung = 29,646 > X2 tabel = 3,841, phi = 0,570).

Downloads

Published

2022-04-30