Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Poli Jantung Rumah Sakit Bhayangkara Kendari

Authors

  • Syamsiah Syamsiah Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya, Kendari, Indonesia
  • Sunarsih Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya, Kendari, Indonesia
  • Firmansyah Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54883/jhmw.v3i1.472

Keywords:

Kepuasaan, waktu, prosedur, sarana, pembiayaan

Abstract

Kepuasan pasien adalah harapan pasien yang timbul atas tindakan kesehatan sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan selama proses berinteraksi dalam upaya memberikan kesehatan. Pada tahun 2022 total kunjungan dalam setahun terakhir di poli jantung sebanyak 1.929 pasien. Beberapa kasus yang terjadi di Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Kendari pada pasien rawat jalan yaitu berupa komplain pasien yang merasa tidak puas dengan pelayanan. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan Cross-Sectional Study. Jumlah sampel sebesar 123 pasien. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode systematic random sampling. Hasil penelitian ini pada keseluruhan variabel independen, yaitu waktu tunggu, sumber daya, prosedur pelayanan, sarana prasarana dan pembiayaan dengan uji Chi-Square didapatkan p-value sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara keseluruahan variabel independen terhadap kepuasaan pasein. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan waktu tunggu, sumber daya manusia, prosedur, sarana prasarana, dan pembiayaan dengan kepuasan pasien. dengan kepuasan pasien, ada hubungan sumber daya manusia dengan kepuasan pasien. Saran dalam penelitian ini yaitu perlunya ada peningkatan mutu pelayanan dengan berdasar pada kebutuhan pasien serta perbaikan sistem dan kinerja tenaga kesehatan secara menyeluruh.

Downloads

Published

2024-04-25