Determinan Pendidikan Terhadap Level Literasi Kesehatan Mental Pada Usia Produktif di Kelurahan Anduonuhu Kecamatan Poasia Kota Kendari

Authors

  • Ullya Hasni Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya
  • Rahmawati Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya
  • Sitti Marya Ulva Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883/

Keywords:

Pendidikan, determinan, literasi, mental, usia

Abstract

Pentingnya literasi kesehatan mental bagi individu dapat mengidentifikasi dengan lebih baik ketika ada seseorang yang sedang bergelut dengan masalah kesehatan mental dan mengambil langkah untuk mengatasinya. Persentase gangguan mental pada penduduk yang berusia 15 tahun keatas di Sulawesi Tenggara adalah 10,2%, pada Kelurahan Anduonohu, dari 10 responden terdeteksi 9 orang mengalami gangguan mental. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan pendidikan literasi kesehatan mental terhadap level literasi kesehatan (functional, communicative, critical) pada masyarakat berusia produktif di Kelurahan Anduonuhu Kecamatan Poasia Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah populasi sebanyak 3433 KK, jumlah sampel sebanyak 97 KK dan dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berpengaruh terhadap level literasi kesehatan functional p­-value , communicative p-value dan critical p­-value .Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu tingkat pendidikan lebih tinggi memiliki pemahaman yang lebih baik tentang informasi terkait kesehatan, dan mempengaruhi hasil kesehatan yang lebih baik. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk menganalisis lebih spesifik efektifitas dari level literasi kesehatan.

Downloads

Published

2024-12-25