Pengaruh Promosi Kesehatan Meggunakan Video Terhadap Perilaku Lansia tentang Kejadian Hipertensi di Puskesmas Lepo-Lepo

Authors

  • Selfiana Universitas Mandala Waluya
  • Ratna Umi Universitas Mandala Waluya, Kendari, Indonesia
  • Sri Mulyani Universitas Mandala Waluya, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54883/jhmw.v2i3.336

Keywords:

Hipertensi, lansia, pengetahuan, sikap, tindakan

Abstract

Hipertensi saat ini masih menjadi masalah kesehatan dunia. Data yang diperoleh peneliti di Puskesmas Lepo-Lepo tahun 2022 diperoleh hasil jumlah kasus yang tercatat menderita hipertensi pada tahun 2020 yang menderita hipertensi lansia di atas 60 tahun sebanyak 256 kasus, pada tahun 2021 tercatat sebanyak 112 kasus dan pada tahun 2022 sebanyak 216 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi kesehatan menggunakan media vidio terhadap perilaku lansia tentang kejadian hipertensi di Wilayah kerja Puskesmas Lepo-Lepo Kendari. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan desain berupa one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 216 lansia dan sampel 69 lansia. Metode analisis dengan menggunakan uji Mc Nemar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh promosi kesehatan menggunakan media video terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan lansia tentang kejadian hipertensi dengan nilai p=0,000 (p<0,05). Bagi Puskesmas sebaiknya menyarankan lansia untuk aktif memeriksakan kesehatannya dan aktif mengecek tekanan darah untuk mencegah kejadian hipertensi.

Downloads

Published

2023-12-25