Hubungan Pendidikan dan Pendapatan dengan Health Literacy Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Perumnas Kendari

Authors

  • Amaliah Rohman Universitas Mandala Waluya
  • Rahmawati Universitas Mandala Waluya, Kendari, Indonesia
  • Titi Saparina L Universitas Mandala Waluya, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54883/jhmw.v2i3.330

Keywords:

Health Literacy, pendidikan, pendapatan

Abstract

Health literacy adalah kemampuan individu untuk mencari, hingga memahami informasi kesehatan dalam menentukan keputusan bagi kesehatannya terutama bagi penderita hipertensi agar informasi yang diperoleh dapat meningkatkan kualitas hidup penderita. Pada tahun 2022 penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Perumnas sebanyak 2.933 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pendidikan dan pendapatan dengan health literacy penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Perumnas Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional study. Populasi penelitian ini sebanyak 2.933 orang dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden dengan teknik stratified random sampling. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dan pendapatan memiliki hubungan dengan health literacy. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji chi-square pendidikan (X2hitung= 55,077), dan pendapatan (X2hitung= 10,946). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pendidikan dan pendapatan dengan health literacy pada penderita hipertensi. Diharapkan bagi institusi terkait agar lebih memberi edukasi terutama kepada anggota keluarga pentingnya dukungan terhadap penderita, serta menciptakan inovasi baru dalam penyampaian informasi kesehatan agar masyarakat setempat khususnya para penderita mudah mengakses informasi kesehatan.

Downloads

Published

2023-12-25