Hubungan Kuliah Daring dengan Tingkat Stres Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Mandala Waluya

Authors

  • Ismail Nur Maulid Universitas Mandala Waluya, Kendari, Indonesia
  • Titi Saparina L Universitas Mandala Waluya, Kendari, Indonesia
  • Noviati Universitas Mandala Waluya, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54883/jhmw.v1i2.24

Keywords:

Stres, pembelajaran, daring

Abstract

Hasil observasi awal yang dilakukan pada 10 orang mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Mandala Waluya sebanyak 6 orang (60,95%) mahasiswa mengalami stres ringan, sebanyak 3 orang (34,37%) mahasiswa mengalami stres sedang dan sebanyak 1 orang (4,68%) mahasiswa mengalami stres berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran kuliah daring dengan tingkat stres mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Mandala Waluya di era Corona Virus Disease-19. Penelitian ini adalah penelitian survey analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional study. Populasi adalah sebanyak 177 orang. Jumlah sampel sebanyak 64 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan metode pembelajaran daring dengan tingkat stres mahasiswa (ρ=0,000), ada hubungan penggunaan kuota internet dengan tingkat stres mahasiswa (ρ=0,000). Kesimpulan penelitian yaitu terdapat hubungan antara metode pembelajaran daring dan penggunaan kuota internet dengan tingkat stres mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Mandala Waluya. Saran bagi Program Studi Kesehatan Masyarakat diantaranya metode pembelajaran daring diharapkan dimodifikasi untuk mendukung dan mempermudah mahasiswa dalam proses perkuliahan. Materi yang lebih bervariasi dan menarik untuk meningkatkan minat mahasiswa.

Downloads

Published

2022-08-31