Tanggung Jawab Rumah Sakit Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus Di Rumah Sakit Kota Kendari)

Authors

  • Andi Asri Prodi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Bisnis. Universitas Mandala Waluya
  • Sunita Firdayana Program Studi Kewirausahaan Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883/janaloka.v1i1.294

Keywords:

Tanggung Jawab, Rumah Sakit, Pelayanan Kesehatan

Abstract

Rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien sangat dipengaruhi oleh tiga komponen yaitu kualitas pelayanan  diberikan, siapa memberikan pelayanan dan konsumen (pasien) yang menerima dan menilai pelayanan. Tujuan penelitian ini untukmengetahui dan menjelaskan tanggung jawab rumah sakit dalam penyelenggaran pelayanan kesehatan. Penelitian dilaksanakan padatanggal 1 Januari hingga 20 Maret 2023 di Rumah Sakit  Kota Kendari. Informan yang terpilih adalah pengelola rumah sakit, karyawan rumah sakit, petugas rumah sakit, pasien dan keluarga pasien. Hasil penelitian menemukan bahwa dokter dan karyawan memiliki tanggung jawab yang tinggi dan bijaksana dalam penyelenggaran pelayanan kesehatan di rumah sakit. Saran penelitian adalah menerapkan sanksi hukum atas kelalaian dalam menggunakan SOP dalam pelayanan di rumah sakit, membuat buku saku manual dan digital tentang SOP  bagi dokter dan petugas kesehatan di rumah sakit.

Downloads

Published

2023-06-30