Efektivitas Pelatihan Self Hypnosis Untuk Menurunkan Academic Burnout Pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.54883/janaloka.v1i1.290Keywords:
Mahasiswa, Pelatihan self hypnosis, Academic BurnoutAbstract
Menjadi mahasiswa Magister Psikologi Profesi merupakan tantangan tersendiri bagi setiap individu yang menjalaninya. Berbagai macam tuntutan dan tekanan yang dialami memunculkan masalah salah satunya academic burnout. Academic burnout merupakan perasaan lelah karena tuntutan belajar, menjauh dari tugas, dan merasa tidak kompeten. Banyaknya masalah academic burnout pada mahasiswa menjadi perhatian penting, sehingga perlu adanya tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu intervensi untuk menurunkan academic burnout yaitu pelatihan self hypnosis. Pelatihan self hypnosis bertujuan untuk memberikan keterampilan berupa praktik self hypnosis sehingga mahasiswa dapat merasa rileks, nyaman, dan dapat mengoptimalkan diri dalam menjalani perkuliahan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Magister Psikologi Profesi UMS yang memiliki tingkat academic burnout sedang dan tinggi. Subjek penelitian berjumlah 16 orang yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS). Uji hipotesis menggunakan analisis non-parametrik berupa Wilcoxon untuk membandingkan dua pengukuran dalam satu kelompok dan Mann Whitney U-Test untuk menguji perbedaan nilai berdasarkan kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil uji statistik Wilcoxon pretest dan postest kelompok eksperimen diperoleh nilai p=0.012 (p<0.05), nilai uji statistik Mann Whitney p=0.001 (p<0.05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan self hypnosis efektif untuk menurunkan academic burnout pada mahasiswa Magister Psikologi Profesi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Janaloka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.