DETEKSI BAKTERI Escherichia coli O157 PADA SUSU KEDELAI MENGGUNAKAN METODE Polymerase Chain Reaction(PCR) YANG DIJUAL DI KELURAHAN ANDUONOHU, KECAMATAN POASIA, KOTA KENDARI

Authors

  • Satriani Syarif Universitas Mandala Waluya
  • Sugireng Universitas Mandala Waluya
  • Helida Purwanti Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883.4.2.8

Keywords:

Eschericia coli O157, susu kedelai, metodePCR, Susu kedelai

Abstract

Susu kedelai di Kota Kendari yang  terindikasi terkontaminasi oleh bakteri E.coli O157 yang merupakan penyebab penting foodborne disease. E.coli O157 adalah bentuk mutan dari Eschericia coli yang bersifat patogen. Tujuanumum daripenelitianiniadalahUntukmengetahui apakah terdapat cemaran bakteri Eschericia coli O157 pada susu kedelai yang dijual di Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari.

Jenispenelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalahdeskriptif.Populasidalam penelitianiniadalah sampel susu olahan rumah tangga dengan tehnik pengambilan sampel adalah total sampling sebanyak 8 sampel.

Hasilpenelitianmenunjukan bahwadari8sampel uji kultur sebanyak 1 sampel positif Eschericia coli pada sampel susu kedelai dengan media EMBA. Sedangkan di uji dengan menggunakan metode PCR pada sampel susu kedelai menunjukan hasil negatif. Hal ini ditandai dengan tidak terbentuknya pitaDNAukuran 239pasangbasa, pada gelelektroforesis.

Berdasarkan penelitianyang dilakukan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapatkontaminasibakteriEscherichiacoli O157 padahasilpemeriksaansusu kedelai denganmenggunakan metode PCR.Saran untuk peneliti selanjutnya agar mendeteksi jenis bakteri lain, memperhatikan waktu atau lama penyimpanan susu kedelai yang akan digunakan sebagai sampel penelitian.

 

           

Downloads

Published

2020-12-30