PENGARUH LAMA PENYIMPANAN SUSU KEDELAI PADA SUHU KULKAS 2-8OC TERHADAP BAKTERI COLIFORM METODE MPN (Most Praobable Number)

Authors

  • Suwarny Ruhi Universitas Mandala Waluya
  • Ratna Umi Nurlila Universitas Mandala Waluya
  • Irna Kartina Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883.4.2.7

Keywords:

Susu kedelai, Uji MPN, Suhu Kulkas, Uji efektivitas antikutu, Bakteri Coliform

Abstract

Kedelai merupakan salah satu bahan pangan yang banyak manfaatnya diantaranya adalah minuman susu kedelai.Namun apabila dalam proses pembuatan tidak baik,maka dapat terkontaminasi bakteri Coliform.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan susu kedelai pada suhu kulkas 2-8oC terhadap cemaran bakteri Coliform.

Penelitian ini menggunakan metode uji MPN yaitu metode enumerasi mikroorganisme yang menggunakan data dari hasil pertumbuhan mikroorganisme pada medium cair spesifik dalam seri tabung yang ditanam dari sampel padat atau cair sehingga dihasilkan kisaran jumlah mikroorganisme dalam jumlah perkiraan terdekat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penagaruh lama penyimpanan susu kedelai pada suhu kulkas 2-80C terhadap cemaran bakteri Coliform metode MPN (Most Probable Number).

Hasil penelitian pengaruh lama penyimpanan susu kedelai 2-80C pada suhu kulkas terhadap cemaran bakteri Coliform pada uji MPN didapatkan hasil penyimpanan 1 hari  pada sampel 1 sampai 3 dengan nilai 11/ml, sampel 4 sampai 6 dengan nilai  dengan nilai 7/ml dan 7 sampai 9 dengan nilai 43/ml. hasil penyimpanan 3 hari  pada sampel 1 sampai 3 dengan nilai 28 /ml sampel 4 sampai 6 dengan nilai 11 /ml dan 7 sampai 9 dengan nilai 43/ml. hasil penyimpanan 6 hari pada sampel 1 sampai 3 dengan nilai 150 /ml sampel 4 sampai 6 dengan nilai 210 /ml dan 7 sampai 9 dengan nilai 210 /ml.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkam bahwa pada hari pertama tidak ada pengaruh penyimpanan dan memehui syarat layak konsumsi yang sudah di atur dalam Standar Nasional Indonesia(SNI) NO.06.8-7288-2009 yaitu 20/mL dengan uji MPN. Pada hari ketiga dan ke enam terdapat adanya pengaruh penyimpanan susu kedelai terhadap bakteri coliform. Diharapkan dapat dilanjutkan pelaksanaan dengan pewarnaan gram untuk melihat jenis bakteri

Downloads

Published

2020-12-30