DETEKSI gen Cat P PENYANDI RESISTEN ANTIBIOTIK KLORAMFENIKOL PADA Salmonella typhi DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PCR

Authors

  • Sri Anggarini Rasyid Universitas Mandala Waluya
  • Sugireng Universitas Mandala Waluya
  • Adelia Pratiwi Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.54883.4.2.1

Keywords:

Demam Tifoid, Kloramfenikol, gen Cat P, Polimerase Chain Reaction (PCR)

Abstract

 

Demam tifoid merupakan infeksi sistemik yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Antibiotik yang sering digunakan dalam terapi demam tifoid adalah klorampenikol. Penggunaan antibiotik diketahui menyebabkan masalah baru yaitu munculnya resistensi terutama pada pemakaian antibiotik yang tidak prosedural dan tidak terkontrol. Resistensi terhadap kloramfenikol (Cm) diperantarai oleh enzim yang terletak pada plasmid yang disebut Acetyltransferase kloramfenikol (CAT). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Deteksi Gen Cat P Penyandi Resisten Antibiotik Kloramfenikol Pada Salmonella typhi dengan Menggunakan Teknik PCR.

Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan desain penelitian cross sectional yakni untuk menganalisi Deteksi Gen Cat P Penyandi Resisten Terhadap Antibiotik Kloramphenikol Pada Salmonella thypi dengan Menggunakan Metode PCR. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah darah penderita demam tifoid yang disajikan dalam bentuk kultur berjumlah 10 sampel.

Hasil pemerikaan gen Cat P dari 10 sampel penelitian didapatkan hasil negatif pada semua sampel yang ditandai dengan tidak ditemukan pita DNA gen Cat P sesuai target yaitu dengan target DNA 436 bp. Untuk peneliti selanjutnya disarankan agar meneliti variabel pemeriksaan gen Cat P sebagai penanda resistensi antibiotik Kloramfenikol pada penderita demam tifoid stadium lanjut dengan menggunakan sampel feces dan urin.

Downloads

Published

2020-12-30